INPUT / OUTPUT DEVICE
A.Pendahuluan
input / output divice, juga dikenal sebagai perangkat komputer, salah satu dari berbagai perangkat (termasuk sensor) digunakan untuk memasukkan informasi dan instruksi ke dalam komputer untuk penyimpanan atau pengolahan dan untuk memberikan data diproses ke operator manusia atau, dalam beberapa kasus, mesindikontrol oleh komputer. Perangkat tersebut membentuk peralatan peripheral modern sistem komputer digital.
Sebuah perangkat input mengkonversi data yang masuk dan instruksi ke dalam suatu pola sinyal listrik dalam kode biner yang dipahami komputer digital. Sebuah perangkat output membalikkan proses, menerjemahkan sinyal digital ke dalam bentuk dimengerti untuk pengguna. Pada suatu waktu kartu berlubang dan kertas-tape pembaca banyak digunakan untuk memasukkan, tetapi kini telah digantikan oleh perangkat yang lebih efisien.
Perangkat input termasuk mesin tik-seperti keyboard, tangan memegang perangkat seperti mouse, trackball, joystick, dan pena khusus dengan tekanan-sensitif pad, dan mikrofon. Mereka juga termasuk sensor yang menyediakan informasi tentang lingkungan-suhu tekanan mereka,, dan sebagainya-untuk komputer. Mekanisme lain langsung masuk adalah scanner laser optik (misalnya, scanner digunakan dengan point-of-sale terminal di toko ritel) yang dapat membaca bar-kode data atau font karakter optik. Peralatan keluaran termasuk terminal tampilan video (baik tabung sinar katoda atau layar kristal cair), tinta-jet dan printer laser, pengeras suara, dan perangkat seperti aliran katup yang mengontrol mesin, sering dalam menanggapi pengolahan komputer data input sensor. Beberapa perangkat, seperti terminal tampilan video, dapat memberikan kedua input dan output. Contoh lain adalah perangkat yang memungkinkan transmisi dan penerimaan data antara komputer-misalnya, modem dan interface jaringan. Perangkat-sebagai penyimpanan yang paling tambahan, misalnya, pita magnetik, disk drive magnetik, dan beberapa jenis cakram optik kompak-juga ganda sebagai input / output (lihat memori komputer).
Berbagai standar untuk menghubungkan peripheral ke komputer ada. Sebagai contoh, Integrated Drive Electronics (IDE) dan ditingkatkan Integrated Drive Electronics (EIDE) adalah interface umum, atau bus, untuk disk drive magnetik. Sebuah bus (juga dikenal sebagai port) dapat berupa serial atau paralel, tergantung pada apakah jalur data membawa satu bit pada suatu waktu (serial) atau banyak sekaligus (paralel). Koneksi serial, yang menggunakan kabel relatif sedikit, umumnya lebih sederhana dan lebih lambat dari koneksi paralel. Universal serial bus (USB) adalah sebuah serial bus umum.Sebuah contoh umum dari bus paralel komputer antarmuka sistem yang kecil, atau SCSI, bus.
B. ISI
input output device
• Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b. mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
unit pengeluaran (Output device)
Output Device adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil pengolahan data / perintah yang telah dilakukan oleh komputer.
1. Monitor
Monitor merupakan alat output yang paling umum dan berfungsi untuk melihat hasil pengolahan data pada layar, baik berupa karakter, gambar maupun warna.
Secara umum, monitor terbagi atas :
- CRT (Cathode Rays Tube)
- LCD (Liquid Crystal Display)
2. Printer
Printer berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh Process Device. Secara garis besar, printer terbagi atas 3 bagian, yaitu :
- Printer Dot Matrix
- Printer Inkjet
- Printer Laser Jet
3. Plotter
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan secara umum adalah ukuran dan peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet)
4. Speaker
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan yang lebih.
Masih banyak lagi output Device yang sering digunakan pada komputer, utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh komputer (Misalnya pengontrol robot, dan lain-lain).
5. Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal
elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
Terdapat bermacam-macam jenis monitor. jenis yang paling terpopuler, yaitu Cathode Ray Tube (CRT) yang berbentuk tabung dan Flat Panel / Liquid Crystal Display (LCD) yang memiliki bentuk permukaan datar sehingga lebih praktis. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan
layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Berdasarkan jenis media output:
• visual, tampilan, screen, display. Ada 2 komponen: monitor dan display adapter
• cetakan, printer, plotter
• suara, audio
• proses untuk alat lain
3.1. Monitor (screen / display)
Jenis monitor:
• cathode ray tube (CRT)
• Flat Panel display:
o LCD: Liquid crystal diode / display : biasa digunakan untuk laptop
o EL : Electro Luminescent
o Gas Plasma
o --> LED : Light Emitting Diodes, untuk tampilan besar, illuminate traffic light
Mempertimbangkan:
• Display technology - Currently, the choices are mainly between CRT and LCD technologies.
• Cable technology - VGA and DVI are the two most common.
• Viewable area (usually measured diagonally) : 14", 15", .. 21"
• Aspect ratio and orientation (landscape or portrait) : standard 3 banding 4 (3:4), widescreen
• Maximum resolution
• Dot pitch
• Refresh rate
• Color depth
• Amount of power consumption : daya yang diperlukan. Hemat energi = energy star compliant
3.1.1. Monitor CRT
Cara kerja: ..
Jenis: Monochrome, Color
Istilah-istilah: pixel, electron gun, shadow mask, interlace / noninterlace, refresh rate (scan rate) : 60 kali per detik, dot pitch 0.28 mm
Resolusi: jumlah pixel yang ditampilkan sebuah monitor. contoh: resolusi 640x480
3.1.2. Display adapter / video controller
Display adapter yang banyak dipergunakan:
• HGC : Hercules Graphics Card, 4 color
• CGA: Color Graphic Adapter. 8 colors
• EGA : Enhanced Graphics Adapter, 16 colors.
• VGA :Video Graphics Array, resolusi: 640x480 atau 320x200.
De facto sebagai standard untuk PC : setiap jenis VGA dan turunannya (SuperVGA, XGA, UXGA) yang lebih canggih harus dapat tampil pada VGA-mode
• SVGA: Super VGA. Manufactur menambah warna (16 juta) dan resolusi (1280x1024, 1600x1200).
o UXGA: Ultra Extended Graphics Array
• XGA : eXtended Graphic Adapter, resolusi: 640x480, 1024x768
Warna-warna yang dapat ditampilkan:
• 4 bit = 16 warna
• 8 bit = 256 warna
• 16 bit = 65.536 warna (high color)
• 24 bit atau lebih: 16,7juta warna atau lebih (true color)
Kapasitas memori controller: mengurangi beban kerja processor
3.1.3. Monitor LCD
Liquid = cair; crystal.
Mengatur kristal (cell, pixel) agar mempolarisasikan cahaya.
Idenya: setiap cell berlaku seperti prisma yang membiaskan cahaya matahari (putih) menjadi warna tertentu.
Bahan (jenis) crystal yang digunakan:
• Pasive matrix: dual scan LCD, indium-tin oxide
• Active matrix: thin film transistor (TFT)
Kekurangan LCD (dibanding CRT): respon lambat, dan kesulitan mengatur tegangan setiap pixel.
3.2. Printer
Aspek:
• Ukuran kehalusan cetak (resolusi): dpi (dot per inch)
• Ukuran kecepatan : cps (character per second), ppm (page per minutes), lpm (line per minute)
Istilah: hardcopy, printout, print head
3.2.1. Jenis-jenis Printer
• Impact printer : benturan
o dot matrix printer
o daisy wheel printer
o line printer
wheel, drum, chain, band printer
• non-impact printer
o inkjet, bublejet : use a series of nozzles to spray drops of ink directly on the paper.
photo printer, IRIS printer
kualitas tinta dan kertas supaya setiap dot dapat diserap oleh kertas dengan baik dan tidak melebar (blobor?).
o laser printer : use dry ink (toner), static electricity, and heat to place and bond the ink onto the paper
o --> Solid ink printers contain sticks of wax-like ink that are melted and applied to the paper. The ink then hardens in place.
o thermal printer
direct thermal, thermal wax transfer, thermal dye transfer
3.3. Sound output
• speaker: internal PC, external
• sound card
• standard: Soundblaster, microsoft
3.4. Video Output
• Multimedia projector
• LCD Projector
• Digital Light Projector
3.5. Output device lainnya:
• Plotter
o flatbed plotter
o drum plotter
• COM=computer output microfilm
o microfilm
o microfiche
• voice output
o proses: speech synthesis
o alat: voice synthesizer, voice output device, audio response unit
o metode
synthesis by analysis
synthesis by rule
________________________________________
Monitor
http://computer.howstuffworks.com/monitor1.htm
1981: Color Graphics Adapter (CGA); 320x200 pixel, 4 colors
1984: Enhanced Graphics Adapter (EGA)
Perhatikan connector pada monitor dan Video controller harus sesuai:
• VGA Connector : output Video controller berupa sinyal analog
• Digital Video Interface (DVI) : output Video controller digital
CRT
High-energy beam of electron,
tiny dots (pixel),
3 warna dasar: RGB = Red Green Blue
When purchasing a display, you have a number of decisions to make. These decisions affect how well your display will perform for you, how much it will cost and how much information you will be able to view with it. Your decisions include:
• Display technology - Currently, the choices are mainly between CRT and LCD technologies.
• Cable technology - VGA and DVI are the two most common.
• Viewable area (usually measured diagonally)
• Aspect ratio and orientation (landscape or portrait)
• Maximum resolution
• Dot pitch
• Refresh rate
• Color depth
• Amount of power consumption
•
Gas Plasma Monitor
LCD: Polarisasi cahaya.
LCD sederhana pada kalkulator. Beberapa liquid crystal meneruskan cahaya (menghasilkan cahaya / menyala) dan beberapa yang lain menutup (gelap). Status membuka atau menutup setiap liquid crystal diatur melalui elektrode-elektrode kecil yang terhubung.
The LCD needed to do this job is very basic. It has a mirror (A) in back, which makes it reflective. Then, we add a piece of glass (B) with a polarizing film on the bottom side, and a common electrode plane (C) made of indium-tin oxide on top. A common electrode plane covers the entire area of the LCD. Above that is the layer of liquid crystal substance (D). Next comes another piece of glass (E) with an electrode in the shape of the rectangle on the bottom and, on top, another polarizing film (F), at a right angle to the first one.
Polarisasi, membelokan cahaya dengan warna tertentu. Pada posisi tertentu meneruskan warna kuning, posisi lain warna merah. Juga warna-warna lain di antara kuning-merah (gabungan).
Inkjet Printer
Epson Inkjet printer: klik pada lampu merah untuk melihat animasi.
Bublejet Printer
Canon dan Hewlet Packard : thermal bublejet printer: klik pada lampu merah untuk melihat animasi. Heater memanaskan udara, menghasilkan gelembung yang mendorong tinta di bawahnya untuk keluar dari ujung jarum.
Laser Printer
Drum yang digunakan terbuat dari material yang photoconductive, peka terhadap sinar photons. Mengikat bubuk tinta (toner) dan kemudian tinta tersebut direkatkan ke atas kertas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar