PENGALAMAN BERORGANISASI BAIK FORMAL ATAU INFORMAL
a. Organisasi Formal
Di dalam hidup kita harus mencapai tujuan yaitu mencukup kebutuhan hidup kita seperti makan sandang ,pendidikan dan sebaagai nya ,makan kita di sini di tuntut untuk bekerja untuk mencukupi itu.Di dalam lingkup pekerjaan kita di bentuk suatu kesatuan /sekumpulan orang dalam organisasi perusahaan.Dalam berorganisasi tentu kita berenteraksi dengan banyak orang ,karena dalam berorgansi kita tentunya mempunyai suatu tujuan.Di perusahaan saya banyak sekali tujuan yang akan di capai ,di antaranya tentunya profit,kita di bentuk suatu organisasi perusahan yang tentunya mempunyai tugas tugas yang harus di lakasanakan dan di pertanggungjawabkan kepada manajemen.
Di perusahaan kami di bentuk dalam struktur organisasi yang sudah di desain untuk menjalan kan bisnis proses ,maka terbentuk organisasi pusat dan dan cabang yang semua itu mempunyai tujuan dan di pertanggungjawabkan dari cabang ke pusat dan dari pusat kepada direksi dan pemegang saham.Kami di bentuk suatu organisasi dari tingkat tinggi sampai tingkat rendah mempunyai tugas dan wewenang sesuai dengan rule yang di atur.
Kebetulan dalam organisasi ini saya berada paling bawah(entry level) yang bertanggung jawab kepada supervisi kami.saya mempuanyai tugas menjaga sistem berjalan optimal dan meminimalkan gangguan pada sistem sehingga sistem berjalan dan bisnis proses tidak terganggu.Tugas dari managemen kepada divisi IT di antara nya menjaga seluruh perangakap baik software maupu hardware berjalan sesuai yang di harapkan .Kita juga di harapkan menambah ilmu dengan melakukan riset dan development program – program yang berjalan untuk mengetahui bug – bug pada progran perusahaan serta menyempurnkan lagi.Menjaga suatu sistem tentunya bukan tanggungjawab yang ringan karena ini berhubungna dengan data .
Dalam perusahaan kami data sangat penting selain untuk report ke customer ,data itu juga di pakai untuk informasi sejauh mana perusahaan ini berkembang serta untuk mengambil kebijakan perusahaan ,sehingga ke depan langkah apa yang di ambil untuk mencapai target yang telah di tentukan apakah.
Jadi dalam organisasi di perusahaan kami divisi IT sangat vital,kami berada di bawah bagian keuangan yang bertanggung jawab kepada manager keuangan karena strukturnya begitu .itulah sedikit peran saya dalam organisasi di dalam perusahaan kami.
b. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.seperti yang pernah aku alami beberapa yang lalu.Yaitu kemarin ada Ibu dari teman sekantor kami sedang sakit.dan beliau di rawat di Rumah Sakit Koja jakarta utara.Seperti biasa selesai sholat dzuhur aku lihat segerombolan kawan kawan kantor ngombrol.dari HP saya bunyi “ Mas Tris mau nengok Ibunya Mbak T*ar** gak ?” kata teman saya.
Oke mas aku ikut .mak siang itu juga kita bersama sama meninggalkan kantor menuju Rumah sakit koja,di sini kita saling berbagai yang yang mempunyai motor memboncengkan yang tidak mempuanyai motor,kita berboncengan sampai di sana..kita bingung..loh masak menengok orang sakit dengan tangan kosong..ahkir nya kita mengumpulkan uang seadanya dan membelikan buah dan roti,dan membawa nya masuk menengok …
Ini pengalaman saya dalam berorganisasi informal yang intinya mebentuk sekumpulan orang yang di koodinir,untuk tujuan menengok kawan di RS,kita bagi – bagi tugas,satu dengan yang lain saling membantu sehingga tujuan yang akan di lakukan terlaksana dengan baik..jadi kami mendelegasikan tugas kita dengan komando yang langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar