Senin, 15 November 2010

PROGRAM MATRIK DALAM COBOL

PROGRAM MATRIK DALAM COBOL

IDENTIFICATION DIVISION.
PROGRAM-ID. MATRIKS.
ENVIRONMENT DIVISION.
DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
77 I PIC 99.
77 J PIC 99.
01 CETAK.
02 M1 PIC Z9.
02 M2 PIC Z9.
02 T PIC Z9.
01 TOTAL.
02 TOTAL-BARIS OCCURS 2 TIMES.
03 TM OCCURS 2 TIMES PIC 999.
01 DATA1.
02 BARIS1 OCCURS 2 TIMES.
03 MATRIK1 OCCURS 2 TIMES PIC 99.
01 DATA2.
02 BARIS2 OCCURS 2 TIMES.
03 MATRIK2 OCCURS 2 TIMES PIC 99.
SCREEN SECTION.
01 HAPUS-LAYAR.
02 BLANK SCREEN.
01 TANDA.
02 LINE 3 COLUMN 16 VALUE '+' HIGHLIGHT.
02 LINE 3 COLUMN 31 VALUE '=' HIGHLIGHT.
PROCEDURE DIVISION.
MULAI.
MOVE 3 TO LIN.
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
PERFORM ISI1
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
COMPUTE LIN = 10.
PERFORM ISI2
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
PERFORM PROSES
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
DISPLAY TANDA.
PERFORM HASIL
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2

STOP RUN.

ISI1.
DISPLAY (3, 2) 'MATRIK 1'.
COMPUTE LIN = LIN + 1.
DISPLAY (LIN, 2) 'ELEMEN [', I, ', ', J, '] = '.
ACCEPT MATRIK1 (I, J).
ISI2.
DISPLAY (10, 2) 'MATRIK 2'.
COMPUTE LIN = LIN + 1.
DISPLAY (LIN, 2) 'ELEMEN [', I, ', ', J, '] = '.
ACCEPT MATRIK2 (I, J).
PROSES.
COMPUTE TM (I, J) = MATRIK1 (I, J) + MATRIK2 (I, J).
HASIL.
MOVE I TO LIN.
MOVE J TO COL.
MOVE MATRIK1 (I, J) TO M1.
MOVE MATRIK2 (I, J) TO M2.
MOVE TM (I, J) TO T.
COMPUTE LIN = LIN * 2.
COMPUTE COL = COL * 4.
DISPLAY (LIN, COL + 1) M1.
DISPLAY (LIN, COL + 16) M2.
DISPLAY (LIN, COL + 31) T.

LOGIKA PROGRAM
• IDENTIFICATION DIVISION.
Memberikan informasi mengenai program yang dibuat.
• PROGRAM-ID. MATRIKS.
Dengan nama programnya yaitu matriks.
• ENVIRONMENT DIVISION.
Memberikan informasi tentang peralatan yang akan digunakan dalam pemrograman cobol.
• DATA DIVISION.
Informasi mengenai bentuk dan jenis data.
• WORKING-STORAGE SECTION.
Ada bilamana diperlukan pemesanan tempat untuk data proses & output. Data yang ada disini BUKAN data external. ( Data external = data dari luar program, misalnya data dari disket, atau tape ).
• 77 I PIC 99.
Angka 77 menunjukan bahwa data item yang telah di buat akan berdiri sendiri dengan menambahkan kata PIC 99 yang artinya (99) adalah sebuah data yang akan keluar adalah numerik, untuk menambahkan perintah tampilan pada awal berjalannya program.
• 77 J PIC 99.
• 01 CETAK.
Kata CETAK hanya untuk menambahakan statement.
• 02 M1 PIC Z9.
PIC Z9 menunjukan sebuah data yang akan keluar berupa alphanumerik.
• 02 M2 PIC Z9.
• 02 T PIC Z9.
• 01 TOTAL.
Menembahakan statement untuk menghasilkan jumlah totalnya.
• 02 TOTAL-BARIS OCCURS 2 TIMES.
Ini menunjukan terdapat program array dimensi dua.
• 03 TM OCCURS 2 TIMES PIC 999.
Dan yang ini menunjukan terdapat program array dimensi tiga.
• 01 DATA1.
Data1 memberikan instruksi untuk meng-input data pada data1.
02 BARIS1 OCCURS 2 TIMES.
03 MATRIK1 OCCURS 2 TIMES PIC 99.
• 01 DATA2.
Data2 memberikan instruksi untuk menginput data pada data2.
02 BARIS2 OCCURS 2 TIMES.
03 MATRIK2 OCCURS 2 TIMES PIC 99.
• SCREEN SECTION.
untuk mendefinisikan bentuk dari layar input / output.
• 01 HAPUS-LAYAR.
Untuk memeberikan instruksi bahwa saat pengoutputan data akan terjadi penghapusan layar sehingga layar akan blank.
02 BLANK SCREEN.
• 01 TANDA.
Untuk memberikan instruksi tanda ‘+’ dan ‘=’ pada baris 3 dan kolom 16 dan 31, dengan tambahan instruksi highlight yang berfungsi untuk menambah terang tanda tersebut.
02 LINE 3 COLUMN 16 VALUE '+' HIGHLIGHT.
02 LINE 3 COLUMN 31 VALUE '=' HIGHLIGHT.
• PROCEDURE DIVISION.
Berisi paragraph - paragraph yang terdiri dari instruksi untuk pelaksanaan program.

MULAI.
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
PERFORM ISI1
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
COMPUTE LIN = 10.
PERFORM ISI2
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
PERFORM PROSES
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2
DISPLAY HAPUS-LAYAR.
DISPLAY TANDA.
PERFORM HASIL
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTIL I > 2
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 2

• STOP RUN.
Instruksi untuk menghentikan sebuah program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar